News & Event

5 Kiat Menulis Artikel Menarik yang Disukai Pembaca

Setiap orang bisa menulis sebuah artikel. Namun, tidak semua orang dapat menulis artikel dengan baik, berkualitas, menarik, dan disukai pembaca. Untuk menulis artikel menarik yang disukai pembaca tentu ada kiat-kiatnya. Muslima Beauty memberikan sedikit tips tentang “Kiat Menulis Artikel Menarik yang Disukai Pembaca” berdasarkan Live Instagram kami bersama salah satu Member Komunitas Jurnalis Berhijab Indonesia (KJB Indonesia) sekaligus mantan Editor Lifestyle Wolipop Detik dan Freelance Writer Arina Yulistara pada Jumat (6/11/2020).

1. Niat

Membangunkan niat adalah langkah awal dalam menulis. Tanpa niat, muslimah tidak bisa membuat tema atau konten yang menarik. Bagi penulis pemula, bisa mencobanya dengan membuat tulisan yang disukai terlebih dahulu untuk membangunkan niat. “Misalnya, menulis fashion, beauty, bahkan percintaan juga diperbolehkan,” ujar wanita yang akrab disapa Tara itu.

2. Riset

Sebelum menentukan tema atau konten menarik, seorang penulis wajib riset terlebih dahulu sebelum membuat tulisan. Artikel harus berdasarkan data dan fakta yang ada, jadi tidak boleh beropini.

3. Memilih Konten Menarik

Memilih konten menarik memang tidak mudah, oleh karenanya muslimah bisa mengikuti tren atau viral yang ada saat ini. Apapun yang lagi tren atau viral pasti disukai pembaca. Selain itu, sosial media juga menjadi salah satu tempat bagi penulis pemula dalam mencari ide segar atau referensi. “Bisa cari di google atau media sosial, misalnya mengikuti tren beauty. Kamu harus tahu tren beauty yang lagi berkembang itu apa,” katanya.

4. Perhatikan Gaya Bahasa

Menulis artikel membutuhkan susunan kalimat yang tepat, namun juga luwes untuk dibaca. Agar, orang lebih mudah memahami makna dari tulisan sebuah artikel tersebut. Untuk itu, perhatikan gaya bahasa dalam menulis. Untuk mempelajari gaya bahasa tulisan, muslimah bisa belajar dari majalah, koran, dan juga blog. “Belajar dari bahasa mereka, lalu dituangin ke dalam artikel yang ingin ditulis,” ujarnya.

Selain itu, penggunaan gaya bahasa tulisan juga tidak perlu terlalu kaku. Muslimah bisa menggunakan bahasa gaul, asalkan tetap sopan. “Jangan menggunakan bahasa kasar, karena ada rulesnya. Selama artikelnya informatif, masih oke kok,” kata Tara.

5. Hindari Unsur SARA, Plagiat, dan Provokatif 

Dalam menulis sebuah artikel ada pakem yang perlu diketahui oleh seorang penulis. Penulis dilarang menulis informasi yang mengandung unsur SARA, plagiat, provokatif, dan konten yang tidak sesuai antara judul dengan isi artikel. “Jangan sampai menyinggung agama, ras, dan suku. Sebab, jika artikel menyinggung SARA yang berpotensi kriminal bisa mendapatkan hukuman,” kata ibu satu anak itu.

Dalam menulis juga perlu menghindari plagiat. Sekalipun, informasi yang diambil melansir dari media luar negeri maka wajib hukumnya untuk menggunakan gaya bahasa sendiri dalam membuat artikelnya. Hindari pula tentang artikel yang provokatif. “Jangan sampai artikelmu mengajari hal buruk atau memprovokasi orang,”katanya. Jangan menulis dengan judul yang bombastis atau clickbait, tapi isi artikelnya tidak sesuai dengan judulnya. Hal ini bisa membuat orang tidak lagi dipercaya dengan artikel yang muslimah tulis. “Sekarang sih tren membuat judul lebih ke yang simpel, cuma beberapa kata gitu,” ujar Tara.

Itulah 5 kiat menulis artikel menarik yang disukai pembaca. Jangan lupa juga untuk selalu latihan menulis, agar tulisannya semakin berkembang dan menjadi lebih baik ke depannya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk muslimah dan pembaca lainnya yang ingin berprofesi sebagai penulis.

RECENT COMMENTS

  • Siap siap...semangat berkarya lagii

    0 Likes | 0 Replies