Tips & Hacks

Kenali Perbedaan PIH, PIE, dan Scars pada Wajah

Kebanyakan jerawat selalu meninggalkan bekas pada wajah dan biasanya butuh waktu lama untuk menghilangkannya. Namun, tahukah muslimah kalau si bekas jerawat ini memiliki jenis yang berbeda. Ada baiknya muslimah kenali dulu jenis bekas jerawat sebelum mencoba menghilangkannya. Sebab, beda jenis bekas jerawat, beda pula cara penanganannya.

1. Post Inflamatory Hiperpigmentation (PIH)

PIH atau Post-inflammatory Hyperpigmentation merupakan salah satu bekas jerawat dengan ciri berwarna coklat atau kehitamaan yang disebabkan oleh produksi melanin berlebih. PIH lebih sering ditemukan pada pemilik kulit sawo matang hingga gelap. Cara mengatasinya, dengan meningkatkan pergantian sel-sel kulit baru agar pigmentasi cepat memudar. Pilihlah produk kecantikan yang mengandung AHA, BHA, niacinamide, vitamin C untuk mengatasi bekas jerawat PIH, serta azelaic acid atau kojic acid yang mampu memperlambat produksi melanin. Selain dengan produk kecantikan, mikrodermabrasi juga ampuh mengatasi bekas jerawat PIH. 

2. Post Inflamatory Erythema (PIE)

Post Inflamatory Erythema (PIE) merupakan hasil pelebaran pembuluh darah yang ada di dekat permukaan kulit wajah. Ciri-cirinya berwarna pink, merah, dan bahkan keunguan juga sering terlihat pada jerawat batu. Umumnya disebabkan oleh peradangan kulit, jerawat, kebiasaan memencet jerawat, paparan sinar matahari terus-menerus, atau kandungan skincare yang terlalu keras. PIE biasanya terjadi pada orang-orang dengan warna kulit yang lebih terang. Tetapi, bukan berarti PIE hanya dialami oleh kulit terang dan PIH untuk kulit gelap. Baik PIH dan PIE dapat dialami oleh semua warna kulit. Untuk mengurangi kemerahan pada kulit, muslimah bisa menggunakan produk yang bersifat soothing dan calming seperti produk dengan kandungan centella asiaticagreen tea, aloe vera dan allantoin. Selain itu penggunaan obat topical yang mengandung azelaic acid dapat membantu mengurangi inflamasi karena memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi. Selain dengan produk kecantikan, perawatan khusus bantuan laser seperti Pulsed Dye Laser dapat membantu menghilangkan PIE sepenuhnya.

3. Scars

Scars atau bopeng adalah bentuk lubang atau lekuk pada kulit akibat jerawat yang dipencet atau digaruk dengan tangan sehingga jerawat pecah. Umumnya, timbul akibat jerawat atau cacar air. Pada beberapa orang, scars juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Cara mengatasi scars atau bopeng bisa dengan Chemical peeling, karena menembus lapisan kulit menggunakan cairan yang dapat meningkatkan produksi kolagen. Beberapa jenis cairan peeling yang dapat digunakan adalah gycolic acidpyuruvic acidsalicylic acid, dan trichloroacetic acid, Derma roller, dan laser.

RECENT COMMENTS

There are no comments yet.