News & Event

Beratnya Istiqomah, Termasuk Berhijab

Istiqomah adalah kata yang ringan diucapkan, tapi sulit dilakukan. Istiqomah itu berat, karena yang ringan itu istirahat.

Muslimah pasti sering mendengar kata istiqomah. Tapi, apakah muslimah sudah tahu atau paham maknanya?. Istiqomah memiliki makna lurus, tegak, alias konsisten. Beberapa ahli agama memaknai istiqomah sebagai berikut :

- Ali Bin Abi Thalib memaknai istiqomah sebagai tindakan melakukan suatu kewajiban.

- Ibnu Abbas memaknai istiqomah dengan tiga arti. Pertama, istiqomah dengan lisan dan sikap bertahan membaca syahadat. Kedua, istiqomah dengan hati yakni melakukan segala hal disertai niat yang jujur. Ketiga, istiqomah dengan jiwa yang senantiasa menjalankan ibadah serta ketaatan kepada Allah SWT secara terus menerus.

- An-Nawani memaknai istiqomah sebagai tetap dalam ketaatan dan berada di jalan lurus dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT.

- Mujahid memaknainya sebagai komitmen terhadap kalimat syahadat dan juga tauhid hingga bertemu dengan Allah SWT.

Intinya, Istiqomah adalah konsisten dalam melakukan ibadah kepada Allah SWT. Mulai dari solat lima waktu, bersedekah, berbuat baik, intinya menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya. Termasuk, berhijab juga butuh istiqomah. Berhijab bagi seorang wanita muslim adalah sebagai bentuk ibadah dan ketaatan kepada Allah SWT.

Sayangnya, tidak semua wanita muslim bisa istiqomah dalam berhijab. Tidak sedikit wanita muslim yang berhijab justru menanggalkan jilbabnya. Fenomena ini tentu sering ditemui di lingkungan sekitar. Termasuk, sejumlah artis/selebriti, selebgram, influencer, hingga youtuber yang memutuskan melepas hijab. Sebut saja blogger hijab Dina Tokio, Amena Khan yang pernah dibesut untuk menjadi Brand Ambassador Loreal, artis tanah air seperti Marshanda, Rina Nose, Nikita Mirzani, dan lainnya hingga baru-baru ini ada selebgram Rachel Vennya.

Perkara tentang istiqomah dalam berhijab itu memang berat. Pasti akan selalu ada rintangannya yang akhirnya mengusik hati serta pikiran kita. Tidak ada yang mudah dalam beristiqomah di jalan Allah SWT. Tapi, jika kamu berusaha istiqomah maka jaminannya adalah surga.

Ketika seseorang mampu menjalankan aktivitas ibadahnya dengan cara istiqomah maka akan mendapatkan pahala. Sebagaimana firman Allah SWT :

إِنَّ ٱلَّذِينَ قَالُوا۟ رَبُّنَا ٱللَّهُ ثُمَّ ٱسْتَقَٰمُوا۟ تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا۟ وَلَا تَحْزَنُوا۟ وَأَبْشِرُوا۟ بِٱلْجَنَّةِ ٱلَّتِى كُنتُمْ تُوعَدُونَ

Artinya :

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan : Tuhan kami ialah Allah kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan : Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu.

Semoga muslimah tetap bisa istiqomah dalam beribadah, termasuk dalam berhijab. Agar, kita semua bisa mendapatkan pahala dan mendapat surganya Allah SWT. Amin ya Rabbal Alamin.

 

RECENT COMMENTS

There are no comments yet.